Walfajri

Oleh: Walfajri

Era globalisasi atau yang lebih dikenal dengan pasar bebas menuntut setiap individu untuk mempersiapkan sumber daya yang berkualitas terutama di bidang komunikasi. Dalam hal ini penguasaan bahasa Inggris sangat diperlukan baik dalam bidang teknologi komunikasi maupun dalam berinteraksi secara langsung. Sebagai sarana komunikasi global, bahasa Inggris, mau tidak mau, harus dikuasai secara aktif baik lisan maupun tulisan.

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan untuk mengusai bahasa Inggris oleh bangsa indonesia, tampak semakin nyata. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa terbesar di dunia yang dipakai sebagai bahasa komunikasi baik lisan maupun tertulis. Di samping itu, bahasa inggris dibutuhkan dalam semua bidang seperti: ilmu pengetahuan dan teknologi, komunikasi, politik, ekonomi, perdagangan, perbankan, budaya, seni, dan film.

Bagi bangsa Indonesia, bahasa Inggris merupakan bahasa asing pertama yang harus dipelajari dan dikuasai oleh para pelajar dan mahasiswa. Bahasa Inggris, yang semula diajarkan mulai kelas 1 SMP, sekarang mulai diperkenalkan di sekolah dasar (SD) sejak kelas 4, dan bahkan beberapa sekolah yang mapan mulai memberikan pelajaran bahasa inggris kepada para siswanya sejak mereka duduk di kelas 1. Di sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dan Play Goup pun bahasa Inggris sudah mulai diperkenalkan.

Selain itu, bahasa Arab juga tidak kalah pentingnya untuk dikuasai oleh bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Setidaknya ada dua alasan mengapa bahasa Arab juga penting dikuasai. Pertama, bahasa Arab merupakan bahasa agama bagi umat Islam. Al-Qur’an dan al-Hadits ditulis dalam bahasa Arab, kitab-kitab ilmu pengetahuan Islam, seperti fiqh, tafsir, hadits, bahasa Arab, filsafat, dll, yang ditulis oleh ulama terdahulu dalam bahasa Arab. Bacaan-bacaan shalat dan doa-doa juga diucapkan dalam bahasa Arab.

Nah, untuk memahami isi ajaran Islam yang terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits, kitab-kitab ilmu pengetahuan Islam serta untuk memahami bacaan-bacaan shalat dan doa-doa dengan benar perlu menguasai bahasa Arab dengan baik. Meskipun sudah banyak kitab-kitab yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, namun tetap jauh lebih baik dan jauh lebih nikmat jika kita mampu memahaminya langsung dari bahasa aslinya, yaitu bahasa Arab. Sebab bagaimanapun baiknya terjemahan itu, tetap tidak dapat mewakili semua makna dari bahasa Arabnya secara sempurna.

Kedua, selain sebagai bahasa agama, bahasa Arab juga merupakan salah satu bahasa dunia (internasional) yang diakui dan digunakan secara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bahasa Arab juga sangat penting bagi kepentingan politik dan ekonomi dunia, bahasa Arab memiliki jumlah penutur lebih dari 200 juta orang di dunia, yang meliputi 24 negara, seperti: Arab Saudi, Bahrain, Maroko, Sudan, Iraq, Oman, Kuwait, Mesir, Palestina, Yordania, Libanon, Qatar, Yaman, Turki, Syria, Tunisia, Aljazair, Iran, dll.

Dengan demikian, bahasa Inggris dan bahasa Arab memiliki prospek masa depan yang cerah dan menjanjikan. Baik untuk keperluan perluasan jaringan komunikasi global, pengembangan bisnis dan usaha, diplomasi politik, akses informasi dan pendidikan ke luar negeri, karena banyak Negara-negara Barat dan Timur-Tengah menawarkan beasiswa pendidikan S1, S2, dan S3.

Dalam http://adegustiann.blogsome.com disebutkan ada delapan keterampilan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan, dan penguasaan bahasa asing berada pada peringkat pertama. Delapan keterampilan tersebut, yaitu:

1. Bahasa asing
Menuju era globalisasi, penguasaan bahasa asing menjadi syarat mutlak rekruitmen pada setiap perusahaan. Karena itu, paling tidak Anda harus menguasi salah satu bahasa asing seperti Inggris, Jepang, China, Jerman dan Perancis. Bidang kerja spesifik yang masuk kategori ini misalnya penterjemah, diplomat dll.

2. Teknis mesin
Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan, kemajuan dan kontinuitas produksi. Bagian instalasi jaringan listrik dan elektronik, banyak dicari. Dengan spesialisasi khusus, keterampilan ini bisa mengisi posisi di bidang teknologi telekomunikasi, otomotif, transportasi, dll.

3. SDM
Perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari satu orang, tentu membutuhkan orang yang bisa melakukan interaksi timbal balik dengan baik. Sukses sebuah perusahaan sangat bergantung pada interaksi tersebut, yang dimotori oleh orang yang memahami kebutuhan karyawan.

4. Programmer computer
Perusahaan kini tengah menuju pada pemerataan sistem komputerisasi untuk meningkatkan efektivitas dan daya saing. Itulah sebabnya, mereka membutuhkan orang-orang yang mengerti secara detil seluk beluk program komputer.

5. Mengajar
Banyak perusahaan menggaji pengajar khusus untuk meberikan kursus tambahan bagi karyawannya, misalnya perpajakan, bisnis manajemen, pelayanan sosial atau manajemen administrasi. Mereka yang memiliki pengetahuan multi disipliner semacam ini biasanya kerap ‘dikejar’ banyak perusahaan.

6. Manajemen Keuangan
Bila Anda menguasai ilmu manajemen bisnis, akuntansi, investasi dan perencanaan keuangan perusahaan, maka Anda tak perlu kuatir tak mendapatkan pekerjaan. Hanya saja, Anda perlu membuktikan diri dulu.


7. Ilmu Kimia & Matematika
Kebutuhan pasar kerja akan sumberdaya manusia di bidang kimia, fisika, biologi ini, akan selalu tinggi dan tidak akan pernah surut. Bidang kerja yang termasuk di dalamnya misalnya apoteker, ahli pangan dan obat-obatan, peneliti, dll.

8. Memecahkan masalah
Mereka yang mampu mengidentifikasi berbagai masalah, mencari solusi, membuat keputusan yang efektif adalah salah satu yang paling dicari perusahaan. Dengan kemampuan itu, Anda layak menjadi bisnis administrator, konsultan manajemen, dan administrasi negara.

Tak diragukan lagi, penguasaan bahasa Asing, setidaknya bahasa Inggris dan bahasa Arab menjadi kunci sukses masa depan dan syarat utama untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang tinggi. Selain itu, dengan menguasai bahasa Inggris dan bahasa Arab, kamu bisa membuka usaha mandiri, dengan mendirikan lembaga pendidikan atau kursus bahasa Inggris dan bahasa Arab yang professional. Tentu saja lembaga pendidikan atau kursus bahasa Inggris dan bahasa Arab ini memiliki prospek masa depan yang sangat bagus dan dapat menghasilkan income yang luar biasa besar. Sebab, bahasa Inggris dan bahasa Arab ini banyak dibutuhkan, baik oleh pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum.

Terakhir, dengan menguasai bahasa Inggris dan bahasa Arab, kamu juga bisa menjadi tenaga professional secara mandiri, menjadi penerjemah, misalnya. Dengan kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Arab kamu yang baik, kamu bisa dan layak untuk mendapatkan imbalan yang tinggi atas jasa atau profesimu. Sudah banyak orang-orang yang mencapai kesuksesan hidup dari profesi sebagai penerjemah, baik penjemah langsung (lisan), ataupun penerjemah buku.

So, Prepare Your Future by Matering Englis and Arabic!

Jika kamu ingin cepat bisa bicara bahasa Inggris, kamu bisa join kursus bahasa Inggris Online disini! Full Conversation, plus sertifikat berskala Nasional. Dijamin kamu bisa bicara bahasa Inggris dalam waktu cepat!

Jika kamu ingin bisa cepat bicara bahasa Arab, kamu bisa join kursus bahasa Arab Online disini!

0 Responses

Poskan Komentar